Thursday, November 26, 2020

Danau Sunter Jakarta Utara


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace

Bagaimana kabarnya, semoga sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas tentang wisata murah meriah di jakarta utara yaitu Danau Sunter Jakarta Utara. Pengen tahu apa saja keseruan tentang cerita seputar danau sunter jakarta utara baik dari danau sunter barat maupun danau sunter timur. ayoo kita lets go.

Alamat : Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara
Jam Buka Tutup : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Danau Sunter Jakarta Utara

rasum penyarang
Danau Sunter adalah danau buatan yang berada di kecamatan tanjung priok Jakarta utara ini dibuat sekitar tahun 1970an dengan luas total 33 hektar yang terbagi menjadi 2 bagian danau, bagaimana? meski buatan tetapi terbilang cukup luas bukan.

Terbagi menjadi 2 bagian yaitu danau sunter timur dan danau sunter barat, lokasi danau ini sudah mengalami banyak sekali perubahan jika dibandingkan sebelumnya. Tak heran jika sekarang banyak dikunjungi masyarakat setempat yaitu sebagai salah satu lokasi bersantai yang cukup menyenangkan.

Bagi yang sering berkunjung ke danau sunter akan dapat membedakan dikala musim hujan dan musim kemarau, karena dikala musim kemarau air danau akan terlihat menghijau. Berbeda jika pada musim penghujan yang akan terlihat warna airnya menjadi kecoklatan, hal tersebut bisa terjadi karena air sekitar yang ditampung disini.

Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah kan, karena lahan terbuka hijau di kawasan danau sunter juga menjadi areal yang layak untuk sobat kunjungi. Jika pada pada akhir pekan pengunjung di danau sunter jakarta utara ini akan terlihat lebih ramai dan akan lebih terlihat sepi diluar weekend. Jadi jika ingin melihat keseruan atau keramaian di danau sunter datanglah di akhir pekan atau hari libur.

Air danau yang sudah tak terlihat sampah sama sekali alias terlihat bersih sampai digunakan pusat lokasi wisata air yang menyenangkan, apa saja keseruan di danau sunter jakarta utara ini. 

Areal Parkir Danau Sunter
Untuk urusan parkir di danau sunter sobat yang membawa kendaraan bermotor baik roda 2 juga roda 4 bisa memarkir kendaraanya di gelanggang olahraga sunter, yang lokasinya bersebelahan dengan danau sunter timur ini.

Untuk biaya atau harga parkir kendaraan bermotor seperti roda 2 hanya 2 ribu saja dan untuk roda 4 atau mobil berkisar antara 5 ribu, lokasinya cukup luas dan sobat bisa ke danau sunter hanya dengan berjalan kaki saja sembari menikmati pemandangan kawasan Danau Sunter.

Jangan biasakan parkir di pinggir jalan ya, karena akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Ayoo biasakan untuk parkir ditempat yang telah disediakan ya, selain lebih aman juga membiasakan kita untuk patuh terhadap paraturan yang ada.

Pesepeda Dan Pejalan Kaki Danau Sunter
https://www.liputan6.com
Untuk di Danau Sunter Timur dengan luas 14 hektar memiliki jalur khusus pesepeda yang terbilang baru dibangun dengan panjang sekitar 1,5 kilometer dengan lebar jalan sekitar 3,5 meter, jalan tersebut dimulai dari Jl. Kedondong Raya hingga Jl. Sunter Selatan dan berakhir di Gor Sunter.

Jalur di danau sunter timur ini memang dibangun untuk pengguna sepeda dan pejalan kaki, apalagi pada pandemi covid-19 ini akan lebih banyak masyarakat yang lebih menjaga kesehatan dengan rutin berolah raga. 

Kebiasakan berolah raga akan selain tubuh akan lebih sehat sekaligus membuat pikiran kita relaks karena bisa menikmati kawasan danau yang terlihat menarik, jogging pada pagi hari atau yang hobi bersepeda sudah saatnya mengubah arah menuju jalur ke danau sunter yang terbilang mempunyai trek jalur yang menyenangkan.

Jika malas untuk lari kecil, berjalan atau hanya duduk santai ditepian danau sunter yang sudah disediakan areal lokasi tempat duduk yang menghadap langsung ke danau sunter yang hijau. Akan tetapi untuk dibagian danau sunter timur sementara ini masih belum memiliki pagar, jadi Anda harus lebih berhati-hati apalagi jika sedang mengajak anak kecil.

Pilih datang pada pagi atau sore hari supaya kulit Anda tak menjadi gosong karena terik menyengat pada saat siang hari, maklum karena dikawasan danau sunter ini pepohonan masih terlihat masih kecil dan belum bisa menjadi naungan bagi para pengunjung.

Memancing Di Danau Sunter
https://okezone.com
Tak hanya olahraga bersepeda atau lari, akan tetapi untuk yang mencari lokasi atau tempat mancing di jakarta yang gratis pilihan menyenangkan bisa datang ke Danau Sunter Jakarta Utara ini.

Asal penamaan danau sunter sendiri diambil dari nama sungai sunter yang mengaliri dan menjadi lokasi favorit bagi para pemancing, olah raga memancing yang akan banyak terlihat jika sudah datang gelap hingga petang hari.

Beberapa ikan yang akan biasa didapat mulai dari ikan lele, ikan nila sampai dengan ikan mas. Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk mencoba mancing di tepian danau sunter ini, bakalan menyenangkan dan jika beruntung mendapatkan hadiah ikan sebagai oleh-oleh bagi para pemancing.

Danau Sunter Barat
Pada bagian danau sunter barat seluas 19 hektar ini juga dilengkapi fasilitas untuk pejalan kaki juga para pesepeda sepanjang kurang lebih 8 kilometer, pada semua sisinya dibangun pagar beton.

Bangku taman yang sengaja dibangun menghadap ke danau supaya para pengunjung bisa bersantai sembari menikmati keindahan danau sunter bagian barat, pada bagian sisi tepi danau juga dibangun jalur pedestrian dengan lebar 1,5 meter yang cocok untuk para pejalan kaki.

Pada sisi tersebut yaitu tepatnya berada di kelurahan sunter jaya yang dahulu adalah sebuah perkampungan biasa sekarang disulap menjadi Kampung Warna Warni Sunter yang cocok untuk sarana wisata yang cukup menyenangkan.

Masjid Ramlie Musofa
Tak jauh dari sini terlihat bangunan megah berwarna putih yang mirip dengan bangunan Taj Mahal india yaitu sebuah Masjid Ramlie Musofa yang dibangun oleh mualaf keturunan tionghoa, jika waktu sholat telah tiba untuk masyarakat muslim bisa menunaikan ibadah sholat di masjid megah ini.

Pada beberapa sisi dinding masjid diukir beberapa surat beserta arti berbahasa Indonesia juga tulisan china, pada dinding tempat wudhu juga diukir tata cara tempat wudhu. Hal tersebut hanya untuk sekedar pengingat saja jikalau ada yang tiba-tiba lupa cara urutan dalam berwudhu, saling mengingatkan adalah salah satu hal baik dalam ajaran Islam.

Masjid ini memang tak diberikan pengeras suara mengingat dahulu dalam pembangunannya sudah ada perjanjian dengan warga sekitar, akan tetapi beduk besar dipasang pada bagian atas yang juga bisa dijadikan pedoman jika waktu sholat telah tiba.

Perahu Air dan Areana Olahraga
https://kumparan.com
Bagi yang mengajak buah hati ketika berkunjung ke danau sunter, tak usah kawatir jika anak bingung mencari lokasi bermain. Karena pada salah satu sisi danau difasilitasi wisata air yaitu sebuah perahu yang bisa digunakan masyarakat jika sedang berkunjung kesana.

Disediakan banyak perahu berbentuk bebek yang bisa digunakan hingga 4 orang dalam 1 perahu, tak hanya itu saja tak jauh dari lokasi perahu air tersebut juga dibangun sarana olah raga yang juga bisa digunakan secara gratis alias tanpa dipungut biaya sama sekali.


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung