Mobil Matic Tidak Bisa Di Starter ? Apa Penyebabnya ?


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Bingung mencari penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Di Starter sama sekali? sudah di cek sendiri tetapi masih bingung apa mungkin aki rusak atau soak atau mungkin kelistrikannya sedang bermasalah? sebelum ke bengkel mungkin ada baiknya membaca beberapa ulasan berikut.

Sebelum memutuskan ke bengkel yang pastinya biayanya bisa jadi tinggi mendingan Anda cari penyebab mobil matic tidak bisa di starter dan kira kira apa saja yang harus diganti jika ada yang rusak pada onderdil mobil tersebut.

Mobil Matic Tidak Bisa Di Starter

mobil matic tidak bisa di starter
unitedlocksmith.net
Ada perbedaan mendasar pada mobil matic jika dibandingkan dengan mobil manual yang memang harus diketahui sebelumnya, akan tetapi untuk orang yang terbiasa membawa mobil matic pastinya sudah hafal betul bagaimana mesin mobil matic bisa dihidupkan dan berikut informasi tentang penyebab mesin mobil matic tidak bisa starter atau dihidupkan baik mobil agya, avanza, xenia, innova atau merk mobil lainnya.

1. Cek Posisi Presneling
Untuk mobil matic memang ada perbedaan jika dibandingkan manual untuk pengoprasiannya, tak jarang orang tidak mengecek akan posisi presneling mobil matic yang akan di starter tersebut.

Pastikan presneling mobil matic berada pada posisi "P" yaitu menandakan presneling mobil pada posisi "Parking" atau "Parkir", karena jika posisi presneling pads posisi "D" atau bahkan "L" dapat dipastikan mobil agya matic Anda tidak bisa di starter alias tidak bisa dihidupkan.

2. Ignition Switch
Memang terkadang kerusakan sederhana malah akan membingungkan kita sendiri, ignition switch memang terkadang mengalami kerusakan dan bisa menyebabkan mobil tak bisa di starter. Untuk pengetesan ini dengan mengontak kendaraan dan cobalah test dengan menyalakan lampu depan mobil matic Anda.

Jika lampu mobil depan menyala bisa jadi Ignition Switch rusak dan untuk perbaikan ini haruslah membongkar dasboard untuk bisa memperbaiki kerusakan tersebut, bawa ke bengkel jika ragu dalam memperbaiki kerusakan tersebut.

3. Dinamo Starter
Peran penting dalam menghidupkan mesin mobil memang pada dinamo starter, komponen ini yang dapat memutar mesin dan piston dapat berkompresi untuk mendapatkan daya yang bisa menghidupkan mesin. Jika dinamo mulai rusak biasanya akan mempunyai beberapa gejala dan penyebabnya dan berikut beberapa penyebab di dinamo rusak :
  • Memaksa dinamo meski mesin mobil tidak mau menyala, berulang dan tak memberikan jeda waktu yang akan membuat panas komponen dinamo yaitu kawat email kumparan dinamo. Jika terlalu panas hingga kawat lapisan kawat email mengelupas menjadikan hubungan arus listrik menjadi pendek atau dengan istilah "nge short" yang akan membuat tenaga dinamo menjadi lemah hingga terbakar.
  • Fungsi dari bostel untuk menyalurkan listrik ke rotator dinamo, jika bostel sudah habis pengaliran listrik ke rotator akan terganggu atau bahkan putus yang menyebabkan dinamo tak bisa berputar. 

4. Aki Mobil
Peran penting aki dalam menyimpan energi sekaligus penyuplai energi listrik ke Dinamo Starter pada awal menghidupkan mesin mobil memang sungguh berperan penting, bisa jadi mobil matic tidak bisa di starter karena aki sudah soak atau rusak yang menjadikan kelistrikan ke dinamo menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. 

Jika umur aki sudah lama meski dirawat untuk aki basah memang terkadang juga tetap mengalami soak, pastikan menggantinya sesuai dengan aki sebelumnya baik aki basah maupun kering. Umur aki basah memang tergolong lebih lama meski harus melakukan perawatan rutin yaitu pengisian air sesuai level direkomendasikan.

5. Knop Kabel Aki
Meski aki masih dalam kondisi sehat atau prima tetapi jika kabel yang mengarah ke kelistrikan mesin tak kencang atau bahkan kendor memungkinkan kelistrikan ke ECU dan dinamo starter akan tak lancar. Meski bisa di starter tetapi tenaga yang dihasilkan dinamo untuk memutar mesin tak sesuai alias tak kuat memutar mesin.

Yang paling sering adalah jika kondisi aki mulai drop akan keluar seperti busa putih pada knop Plus dan Minus, dengan munculnya indikasi ini menjadi tanda bahwa aki sudah mulai rusak dan untuk membersihkannya cukup mudah dengan menyiramkan air panas ke knop kabel aki menggunakan ceret / teko secara perlahan - lahan dan busa putih tersebut akan rontok sendiri dan kencangkan kembali.

Jika perlu gosok buka knop kabel aki dan lepaskan kabel pada aki, gosok bagian dalam kabel penghubung tersebut menggunakan amplas halus dan pasang kembali juga pastikan kondisi kabel terpasang dengan bagus. 


0 comments:

Post a Comment

bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung