Wednesday, August 12, 2020

Usaha Budidaya Jamur Tiram


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Usaha Budidaya Jamur Tiram - bagaimana bisa mengetahui cara budidaya jamur tiram yang bagus, cara merawat jamur tiram yang baik, cara meningkatkan hasil panen jamur tiram dengan cepat, cara pemanenan jamur tiram sampai cara menjual hasil penen jamur tiram secara kontinyu.

Siapa yang tak ingin bisa usaha budidaya jamur tiram dengan baik juga lancar dan dapat menghasilkan pendapatan yang menjanjikan, mulai dari tahap budidaya, meningkatkan hasil, cara panen jamur tiram yang benar hingga jual jamur tiram dengan mudah.

Usaha Budidaya Jamur Tiram

Menjadi pengusaha bidang pertanian atau agribis tak harus mempunyai lahan yang besar, mempunyai lahan terbatas bisa juga menjadi pengusaha dengan hasil yang terbilang cukup besar yaitu usaha budidaya jamur tiram yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Jika Anda mungkin belum mengerti atau baru ingin memulai bisnis budidaya jamur tiram haruslah mengerti dahulu tetang seluk beluk untuk menghindari hal yang tak dinginginkan.

Usaha jamur tiram tak bisa dibilang mudah, perlu banyak tahapan yang harus dikerjakan hingga sampai tahap yang paling ditunggu yaitu masa panen. Ayo kita gali apa saja yang perlu diketahui tentang usaha budidaya jamur tiram.

Jamur Tiram

budidaya jamur tiram

Jamur tiram adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping (bahasa Latin: pleurotus) dan bentuknya seperti tiram (ostreatus) sehingga jamur tiram mempunyai nama binomial Pleurotus ostreatus.

Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5–20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk.

Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat. Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk.

Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu. Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya.

Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu (Wikipedia).

Persiapan Usaha Budidaya Jamur Tiram

Beberapa persiapan baik tempat dan alat yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha budidaya jamur tiram sebagai berikut :
  1. Lahan
  2. Kumbung ( Rumah Jamur )
  3. Rak Baglog
  4. Baglog
  5. Termometer
  6. Sprayer / Penyemprot
  7. Pisau / Alat pemotong
Hal diatas adalah pokok dari persiapan yang harus dipunyai dan sebagai berikut penjelasannya.

1. Lahan
Untuk lahan atau tempat memang jika hal tersebut berada pada areal yang bersih dan kalau bisa memiliki iklim suhu yang bisa dibilang dingin, karena jamur akan sulit tumbuh dan berkembang jika suhu udara sangat panas.

Jadi jika lokasi lahan yang akan Anda buat kumbung atau rumah jamur memiliki suhu yang cocok antara 24 s/d 27 derajat celcius.

2. Kumbung ( Rumah Jamur )
Rumah Jamur atau yang biasa disebut "Kumbung" sebagai tempat menyimpan media tanam supaya bisa tumbuh dengan baik dan berkualitas baik dari segi berat maupun bentuk.

Dalam pembuatan "Kumbung" tak harus menggunakan bahan yang mahal tetapi cukup dengan bahan yang mudah didapat dan kalaubisa yang lebih murah juga kuat dan tahan lama, menggunakan bahan bambu dan alang - alang atau daun kelapa yang dianyam untuk bagian atapnya.

Bagian atap jangan menggunakan atap asbes karena akan menjadikan suhu bagian dalam menjadi panas dan pada bagian lantainya biarkan tetap berupa tanah yang ditaburi pasir supaya kondisi suhu didalam kumbung tetap rendah.

Buatlah bagaimana caranya kondisi didalam kumbung lembab dan dingin, hal ini untuk memberikan efek baik pada tanaman jamur yang akan lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Rak Baglog
Dalam pembuatan rak Baglog Anda bisa memilih membuat rak baglog model berdiri dan rak baglog model tidur, berikut ulasannya :
Rak Berdiri
Rak berdiri terlihat  


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung