Friday, January 3, 2020

Bersihkan Ruang Bakar Mesin Mobil Agya


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Membersihkan atau Bersihkan Ruang Bakar Mesin Mobil Agya bisa sangat mudah sekarang, tak perlu lagi bongkar mesin jika hanya untuk membersihkan kerak pada ruang bakar mesin meliputi seker / piston, klep, kop mesin untuk bisa menjaga perfoma mesin agya tetap prima.

Mesin mobil agya lama yang memiliki kapasitas mesin 1.000 cc memang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan mesin mobil agya baru yaitu 1.200 cc yang jelas memiliki perfoma mesin yang lebih yahud, akan tetapi bukan berarti mesin agya 1.000 cc tak yahud tetapi mesin mobil sekarang cenderung dijejali banyak teknologi baru untuk bisa menghasilkan tenaga yang lebih namun konsumsi bbm tetap irit.

Lalu untuk tetap bisa menjaga perfoma mesin tetap prima selain rutin dalam pergatian oli mesin dan transmisi pastinya juga harus memperhatikan kondisi pada ruang bakar mesin yang memang menjadi jantung dari mesin mobil itu sendiri. Yuks kita simak cara mudah membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mesin mobil agya, sebagai berikut.

Bersihkan Ruang Bakar Mesin Mobil Agya

bersihkan mesin agya

Berikut ini adalah beberapa alat yang harus dipersiapkan dalam membersihkan kerak pada ruang bakar mesin mobil agya.
1. Kunci shock ukuran 24
2. Kunci Busi ukuran 16 mm
3. Kunci T ukuran 10
4. Pembersih Ruang Bakar ( Chamber Cleaner )
5. Penyedot Udara
6. Slang Aquarium

Cara Membersihkan Ruang Bakar Mesin Mobil Agya

Pertama sebelum kita membongkar beberapa komponen dari mesin agya, hidupkan dahulu mesin selama 10 s/d 15 menit untuk membuat kerak pada ruang bakar lebih mudah terkelupas nantinya selama proses pembersihan. Jika sudah dihidupkan matikan mesin dan cabut kunci kendaraan untuk memastikan kelistrikan dalam posisi off.

Sebelum membersihkan ruang bakar mesin agya, siapkan kunci ukuran 10 dan mulailah dengan membuka kap mesin dan bukalah saluran dari filter udara yang tepat berada diatas coil yang bertuliskan DOHC 12 Valve hanya dengan menarik karena hanya dikaitkan menggunakan karet saja, tinggal tarik dan lepaskan dari saluran filter udara.

Setelah itu geser sedikit kekanan untuk membuka saluran kelistrikan aki dengan melepas kabel minus dengan cara mengendorkan mur supaya benar - benar kelistrikan kendaraan dalam kondisi mati.

Lalu Anda akan melihat 3 coil berada diatas silinder kop mesin dan ambillah kunci ukuran sepuluh dan lepas baut pengunci coil tersebut, lepas ketiga coil tersebut untuk dapat membuka busi yang memang berada dibawah coil tersebut. Jika sudah terlepas semua coil Anda bisa mengambil kunci busi ukuran 16 mm untuk membuka busi mobil agya tersebut, terdapat 3 busi karena mobil agya yang 1.000 cc memiliki 3 silinder sebagai dapur pacunya.

Cairan Pembersih Ruang Bakar Mesin

chamber cleaner

Disini saya menggunakan pembersih karbon Chamber Cleaner seperti gambar diatas dan jangan lupa pada bagian selang berikan solasi supaya tak lepas pada waktu menyemprotkan ke ruang bakar mesin dan juga tambahkan selang supaya dapat dengan mudah menjangkau ruang bakar mesin.

Putar Posisi Piston Ke Posisi Top

Dalam membersihkan ruang bakar bisa langsung menyemprotkan ke ruang bakar di 3 ruang bakar mesin, akan tetapi akan lebih baik menurut saya jika kita mengerjakan penyemprotan ke ruang bakar pada posisi piston di atas atau posisi top. Jadi jika menggunakan cara ini memang Anda harus memutar vbelt atau dinamo starter secara manual dengan menggunakan kunci ukuran 24 mm.

dinamo starter agya

Untuk memutar secara manual bisa menggunakan tangan langsung atau memang akan lebih mudah menggunakan kunci shock ukuran 24 dan pastikan memutar searah jarum jam atau arah kedepan, dan lihat top piston dengan memasukkan obeng atau lidi sebagai penanda bahwa piston pada posisi paling atas.

Jika 1 piston sudah dalam posisi top, barulah semprot dengan cairan pembersih ruang bakar mesin chamber cleaner hingga busa memenuhi ruang bakar mesin. Cairan ini memang tergolong mudah dalam membersihkan kerak karbon mesin sisa pembakaran tanpa perlu mengerok atau menggosoknya dan diamkan selama 5 menit untuk memastikan cairan bekerja secara maksimal.

Bersihkan Ruang Bakar Mesin Agya Dengan Penyedot

Lalu jika sudah dirasa cukup, sedot cairan tersebut menggunakan penyedot. Jika yang mempunyai vacum bisa menggunakan vacum akan tetapi saya menggunakan pompa kasur yang saya hubungkan dengan menggunakan slang dan saya tambahkan kaleng untuk bisa menampung cairan dari hasil penyemprotan diruang bakar tersebut.

Anda bisa mengkreasikan sendiri untuk metode penyedotan cairan tersebut akan tetapi jangan sekali - kali menyedot menggunakan mulut karena cairan pembersih ini bahaya jika tertelan karena beracun. Pastikan menggunakan alat penyedot yang aman ya gan.

Kotoran Di Ruang Bakar Mesin Mobil Agya

Setelah saya bersihkan dengan menggunakan Chamber Cleaner dan disedot yang langsung saya arahkan ke tempat penampungan yaitu kaleng bekas kue memang terlihat seperti kopi, cairan pembersih yang awalnya berwarna bening berubah menjadi hitam pekat.

kotoran pada mesin agya

Pada selang penyedot juga terlihat kotoran seperti kerak karbon sisa pembakaran yang menempel meski beberapa kali dibersihkan dan kembali terlihat setelah digunakan kembali.

Pengaruh Setelah Dibersihkan
Mesin seperti jantung pada sebuah kendaraan, hal penting yang sangat berpengaruh pada performa kendaraan. Jika pembakaran pada ruang bakar yang bersih jelas menjadikan tenaga mesin akan lebih baik dan enak digunakan baik untuk kota-kota maupun jika Anda ingin gunakan untuk perjalanan jauh.

Setelah pembersihan pada ruang bakar mesin, tarikan mesin menjadi lebih enteng dan responsif. Terlihat juga konsumsi bahan bakar menurut saya juga lebih irit, gejala seperti getaran mesin yang biasanya terjadi bisa dibilang berkurang. Jadi tak kawatir misalnya ada rencana pakai Agya Untuk Perjalanan Jauh ke kampung halaman perfoma mesin Insya Allah akan tetap optimal selama perjalanan.


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung