Keuntungan Dan Kerugian Hidroponik


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Ketahui beberapa Keuntungan Dan Kerugian Hidroponik apa saja ya? tanaman sistem teknik hidroponik memang mempunyai beberapa keuntungan dan kerugian bercocok tanam secara hidroponik jika dibandingkan dengan sistem penanaman dengan sistem yang lainnya, lalu bagaimana tanam hidroponik bagi bisa memberikan keuntungan lebih baik, yuks kita simak bersama ya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang keuntungan dan kerugian hidroponik memang ada baiknya mengetahui tanaman pertanian yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik? karena sistem hidroponik yang berbeda dengan sistem lainnya jika belum pernah menggunakan sistem ini akan butuh beberapa penyesuaian dalam penanamannya untuk bisa mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. 

Keuntungan Dan Kerugian Hidroponik

keuntungan dan kerugian hidroponik
www.azocleantech.com
Keuntungan Hidroponik
  • Penggunaan lahan yang lebih sedikit atau efisien tempat
  • Tanaman tanpa menggunakan media tanah untuk tumbuh
  • Penggunaan pupuk lebih efisien jika dibandingkan dengan bukan hidroponik
  • Penanggulangan hama akan lebih mudah
  • Tanaman akan lebih tahan terhadap hama penyakit
  • Produksi hasil dari tanaman lebih baik dan lebih banyak dengan perbandingan lahan yang sama
Kerugian Hidroponik
  • Modal jauh lebih besar untuk awal penerapan sistem hidroponik ini
  • Tanaman memang lebih gampang stress jika dibandingkan dengan media tanah
Memang sistem menanam hidroponik banyak di kembangkan apalagi dikawasan perkotaan, kawasan perkotaan yang kian tahun semakin sedikit areal tanah kosong pertanian memang mendorong masyarakat diperkotaan membuat sistem pertanian hidroponik yang dirasa memang dengan lahan yang lebih sedikit tetapi masih bisa menghasilkan hasil yang lebih besar.
keuntungan hidroponik bagi petani
www.123rf.com
Jika melihat Keuntungan dan Kerugian tanaman hidroponik ini, dan jika Anda menginginkan menjadi seorang petani hidroponik pastikan beberapa hal diatas bisa menjadi pedoman tentang bercocok tanam yang pas untuk Anda dan cocok jika Anda terapkan pada lahan pertanian Sobat.

Keuntungan Hidroponik Bagi Petani

keuntungan petani hidroponik
https://gulfnews.com
Kalau bicara tentang keuntungan rasanya siapa saja pasti akan mengharapkan akan hal tersebut, untung lumayan akan memberikan semangat tersendiri dalam menjalaninya. Lalu apa saja keuntungan hidroponik bagi petani?

Harga Jual Tinggi
Tanaman hidroponik yang memiliki harga pasaran yang lebih tinggi dari sayuran dengan penanaman sistem biasa, hal ini bisa memberikan keuntungan yang berlipat pastinya. Eist tunggu dulu, akan tetapi pemasaran yang terbilang gampang - gampang susah tak seperti sayur biasa harus benar - benar dipikirkan, Anda memang harus bisa menjual sayur hidroponik ke beberapa tempat yang tak biasa.

Seperti Hotel, rumah makan, depot, Supermarket atau orang - orang yang memang ingin mencari tanaman yang lebih sehat karena tak menggunakan pestisida. Maka dari itu jika benar - benar sudah menggeluti sayuran hidroponik usahakan tak menggunakan pestisida karena sistem ini akan tetap berjalan lancar meski tak menggunakan pestisida.

Tak Mudah Terserang Hama
Kecenderungan menggunakan sistem hidroponik memiliki keuntungan yaitu tanaman tak mudah terserang Hama penyakit. Kenapa bisa begitu?

Lahan hidroponik mengharuskan Anda sebagai petani membuat lahan yaitu Green House sebagai tempat untuk naungan tanaman Hidroponik dari sinar matahari maupun air hujan, dengan begitu lahan Hidroponik akan selalu tertutup baik dari kanan kiri lahan membuat hama penyakit tak mudah menyerang kawasan lahan hidroponik karena areal lahan yang selalu tertutup / indoor.

Hemat Biaya Perawatan
Jika dibandingkan dengan sistem konvensional, sistem hidroponik bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi petani yaitu hemat biaya perawatan. Tak banyak memerlukan pupuk layaknya pertanian outdoor karena hanya memberikan pupuk pada airnya saja dengan jumlah yang terbilang sedikit.

Pemberian air juga lebih hemat meski pada musim kemarau sekalipun, jika pada pertanian sistem konvensional pada musim kemarau penyiraman akan membutuhkan air yang lebih banyak dan ini menjadikan pengeluaran akan semakin banyak baik dari listrik pompa air atau bahan bakar dari mesin diesel penyedot air.  


0 comments:

Post a Comment

bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung