Tuesday, January 14, 2020

Keuntungan Dan Kerugian Mencangkok Tanaman


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Mungkin banyak orang yang tak menyadari akan kerugian mencangkok tanaman meski yang sering diketahui adalah keuntungan mencangkok tanaman tersebut, kali ini kita akan membahas tentang Keuntungan dan Kerugian Mencangkok tanaman apa saja. Ketahui juga dari keuntungan mencangkok dalam bidang pertanian juga kerugian mencangkok dalam bidang pertanian.

Keuntungan Dan Kerugian Mencangkok Tanaman

keuntungan mencangkok tanaman

Sebenarnya mencangkok sendiri sudah lama dilakukan orang dalam mengembangkan tanaman untuk bisa lebih cepat tanpa harus menunggu tanaman mulai dari penanaman dari bijinya, baik untuk mencari indukan tanaman yang lebih baik atau membuat tanaman cepat berbuah tanpa harus menunggu lama.

Meski tak kesemua tanaman bisa dicangkok seperti halnya beberapa jenis tanaman seperti tanaman padi, pohon pisang, lidah buaya, rumput laut serta jenis tanaman kacang kacangan, akan tetapi memperbanyak tanaman dengan cara cangkok adalah salah satu cara mudah memperbanyak tanaman.

Para pelaku bisnis tanaman dapat menghasilkan keuntungan hanya dari mencangkok 1 tanaman saja dan hasil dari cangkokan tersebut dapat diperjualbelikan dengan kualitas tanaman yang sama baiknya dengan indukannya. Maka dari itu mempunyai keahlian mencangkok sekaligus merawat tanaman cangkok saja bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Banyak jenis tanaman yang diminati masyarakat, gerakan penghijauan halaman dan sekitar rumah maupun kesadaran memperhatikan lingkungan menjadikan bisnis tanaman hias menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Ingin tahu apa saja keuntungan dan kerugian mencangkok tanaman, yuks kita simak bareng - bareng.

Keuntungan Mencangkok Tanaman

1. Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji.

2. Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya.

3. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk.

4. Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.

5. Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan.

Kerugian Mencangkok Tanaman

1. Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.

2. Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang.

3. Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong.

4. Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

Jika sudah tahu tentang untung dan rugi atau keuntungan dan kerugian mencangkok tanaman pastikan Anda bisa memikirkannya sebelum melakukan pencangkokan, misalnya ingin mempunyai Pohon Peneduh Rumah yang rindang dan kuat untuk ditanaman di depan rumah atau teras rumah Anda sebaiknya carilah tanaman yang bukan dari hasil pencangkokan atau bisa dengan menanamnya sendiri mulai dari biji atau kecil supaya tanaman tersebut kokoh tak mudah roboh.

Akan tetapi jika menginginkan tanaman yang cepat berbuah, mencangkok adalah solusi tepat untuk memperbanyak tanaman dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Beberapa jenis tanaman buah yang paling sering dicangkok seperti pohon mangga, pohon durian, pohon kelengkeng, pohon jambu untuk dapat dengan mudah mendapatkan bibit baru untuk bisa ditanam kembali.

Pilih batang yang tua dan lurus, terlihat sepele memang akan tetapi batang yang tua dan lurus nantinya akan lebih mudah tumbuh dan hasil dari cangkokan tersebut akan lebih mudah ditanam meski dalam tempat atau lahan yang sempit. Berbeda dengan yang terlalu banyak cabang harus membutuhkan lahan tanam yang lebih luas dan selamat menanan juga ayo hijaukan bumi kita ya sobat.


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung