TANAMAN LIDAH BUAYA


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Ketahui tentang jenis - jenis Tanaman Lidah Buaya ( Aloe vera ) juga cara menanam lidah buaya di pot / polibag / sistem hidroponik atau cara mengembang biakan lidah buaya mulai cara stek hingga mengetahui manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan pengobatan yang banyak digunakan banyak orang hingga asal usul tanaman lidah buaya.

Tanaman Lidah Buaya, Asal Usul, Jenis, Cara Menanam dan Manfaatnya

manfaat tanaman lidah buaya
www.medgadget.com
Tak asing memang ditelinga kita jika mendengar yang namanya Tanaman Lidah Buaya, bukan berarti tanaman yang berasal dari lidah dari hewan buaya yang menakutkan tetapi penamaan tersebut apa bisa jadi terinspirasi dari bentuknya yang menyerupai lidah dari seekor buaya..hehehe. Dan apakah Anda sendiri pernah melihat lidah dari seekor buaya?

Sudah lah tak perlu diperbedatkan, yang jelas kita kali ini membicarakan tentang Tanaman Lidah Buaya dan bukan seekor buaya, yuks kita fokus seputar tanaman lidah buaya, asal usul tanaman lidah buaya, sejarah lidah buaya, cara budidaya hingga manfaat dari lidah buaya itu sendiri.

Sejarah Tanaman Lidah Buaya

Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa tanaman lidah buaya atau Aloe Vera sendiri sudah ada di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu meski sebenarnya tanaman ini bukan berasal dari Indonesia, asal usul tanaman lidah buaya dari benua Afrika. Menurut sumber dari wikipedia tanaman lidah buaya berasal dari Jazirah Arab dan menyebar dikawasan semi-tropis, tropis dan kering.

Menurut sejarah bangsa mesin kuno sudah mengetahui manfaat luar biasa dari Aloe Vera sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1.500 SM yang kemudian menyebutnya sebagai tanaman keabadian.

Jenis Tanaman Lidah Buaya

Jenis jenis tanaman lidah buaya yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan untuk bisa digunakan baik dikonsumsi atau digunakan sebagai campuran untuk mendapatkan produk yang bisa dimanfaatkan dengan baik yang umum di gunakan sebagai berikut :

Aloe Chinensis
lidah buaya aloe chinensis
lokalpangan.blogspot.com
Ukuran yang sangat jumbo, lidah buaya jenis Chinensis ini memang banyak dibudidayakan tak terkecuali di Indonesia. Jika dibandingkan dengan lidah buaya lain, ukurannya bisa berkali-kali lipat lebih besar. Mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, di beberapa marketplace dalam 1 kilogram dijual dengan harga Rp. 9.000 - Rp. 10.000.

Lidah buaya jenis Chinensis dan Barbadensis memang susah untuk dibedakan, beberapa orang cara membedakannya dengan mencium aromanya. Untuk Lidah Buaya Chinensis tak berbau dan untuk Barbadensis mengeluarkan bau sedikit menyengat.

Jika membandingkan daging dari lidah buaya keduanya ini dimana daging dari lidah buaya Barbadensis cenderung lebih transparan jika dibandingkan dengan lidah buaya Chinensis yang akan terlihat sedikit lebih buram.

Aloe Barbadensis
lidah buaya aloe barbadensis
www.achat-vente-palmiers.com
Untuk tampilan dari Lidah Buaya Barbadensis memang hampir susah untuk membedakan dan bisa dibilang hampir sama persis dengan jenis Chinensis, dari tampilan pelepah daunnya memang cenderung lebih cembung.

Menurut beberapa orang percobaan untuk perbedaan rasa dari Barbadensis dan Chinensis memang cenderung terasa lebih pahit dan jika dibiarkan kurang lebih 1 hari dari proses pemotongan akan mengeluarkan getah yang berwarna merah yang akan berbeda jika dibandingkan dengan Aloe Chinensis.

Aloe Ballyi
Aloe Ballyi
worldofsucculents.com
Lidah buaya jenis ini terbilang sudah cukup langka atau sudah jarang ditemukan, tanaman endimik Kenya ini batangnya dapat tumbuh menjulang hingga 6 meter dan berdiameter hingga 15 centimeter juga panjang daun hingga 90 centimeter dengang bunga berbentuk tabung berwarna merah orange.

Lidah buaya jenis ini tak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena beberapa orang menyebutkan jenis lidah buaya ini masuk dalam kategori beracun, jadi pastikan letakkan pada tempat yang aman jika mengembangbiakkan lidah buaya jenis ini. Lidah buaya jenis ini biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pewarna tekstil, akan tetapi sekarang kebanyakan hanya untuk tanaman pengias rumah saja.

Cara Menanam Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya cukup mudah sekali dalam pengembang biakannya, 


0 comments:

Post a Comment

bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung