Wednesday, August 26, 2020

Pohon Ketapang Kencana


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Tanaman peneduh yaitu Pohon Ketapang Kencana yang seperti payung sedang nge-trend saat di Indonesia, ketahui tentang harga jual bibit pohon ketapang kencana varigata putih besar baik dalam pot untuk hiasan dalam rumah juga cara tanam ketapang kencana dalam pot hingga cara cangkok dan cara mempercepat budidaya ketapang kencana yang baik dan benar.

Asal : Madagaskar
Ketinggian : 10 s/d 20 meter
Nama Latin : Terminalia Mantaly

Pohon Ketapang Kencana

pohon ketapang kencana
https://alexnld.com
Mungkin Anda dahulu tak pernah melihat pohon jenis ini baik dihalaman rumah atau ditempat umum, akan tetapi sekarang banyak terlihat ditanam di banyak tempat maupun lokasi. Ketapang Kencana sendiri menjadi salah satu tanaman yang trend, bibit mudah didapat dan perawatanya juga sangatlah mudah.

Jika mungkin Anda mempunyai lahan parkir kendaraan yang luas untuk usaha tak harus diberikan penutup yaitu berupa atap untuk dapat menaungi kendaraan yang sedang terparkir, akan tetapi cukup hanya menanam pohon ini dalam beberapa bulan bisa menjadi naungan kendaraan juga menjadi hiasan dengan bentuk yang menyerupai payung.

Berbatang tegak lurus dan berdaun kecil dan memayung sangatlah cocok ditanam sebagai peneduh, lahan parkir hotel, taman bermain, area terbuka hijau hingga taman rumahpun sekarang banyak terlihat ditanami tanaman ketapang kencana ini. Bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang pohon yang satu ini, simak terus ya ceritanya.

Perbedaan Ketapang Kencana Varigata dengan jenis Biasa
perbedaan ketapang kencana varigata

Untuk ketapang kencana sendiri ada 2 jenis yang banyak dikembangbiakkan di Indonesia yaitu Ketapang Kencana Biasa dan Ketapang Kencana Variegata, jika dari batangnya terlihat tetap sama dari kedua jenis ini baik juga untuk perawatan maupun pertumbuhannya.
Keduanya juga sama-sama mudah untuk dikembangbiakkan atau diperbanyak baik dengan sistem okulasi atau penanaman dari bijinya langsung. Akan tetapi untuk ketapang biasa mempunyai warna daun yaitu berwarna hijau saja tanpa ada warna lain dan untuk ketapang Variegata memiliki daun putih berstrip hijau.

Jika sama-sama ditanam terlihat perbedaan mencolok meski dari kejauhan warna daun dari Variegata yang lebih terang karena berwarna putih ada strip hijau, akan tetapi untuk masalah kesukaan keduanya menurut saya sama-sama terlihat menarik dan bagus jika ditanam pada halaman rumah atau cocok sebagai peneduh lahan bahkan tempat parkir kendaraan.

Cara Menanam Ketapang Kencana
Untuk cara membudidayakan ketapang kencana atau cara menaman ketapang kencana dapat dilakukan melalui biji atau dengan cangkok batang, jika dari biji memang pertumbuhan akan lebih cepat tinggi jika dibandingkan dengan bibit yang dari proses cangkok. Dan berikut ini beberapa langkah menanam pohon ketapang kencana :

> Menyiapkan Bibit
Untuk yang membudidayakan dengan menggunakan biji haruslah dilakukan penyemaian terlebih dahulu, dengan memilih buah ketapang yang sudah tua dan ambil bijinya. Kemudian jemur terlebih dahulu dibawah terik matahari selama 5 hingga 6 jam, lalu angkat dan letakkan pada tempat yang teduh selama kurang lebih 24 jam.

Siapkan media semai untuk biji tersebut yaitu dengan membuat media semai dengan campuran tanah dengan pupuk dan masukkan kedalam pot atau polibag atau tempat semai, dan sebelum biji kita semai lakukan perendaman biji ketapang kencana kedalam air hangat.

Tanam dengan jarak antar biji 20 cm dan tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman dengan air, jika penyemaian dilakukan pada polibag sebaiknya biji yang disemai sebanyak 1 biji pada setiap polibag karena hal tersebut untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman mulai dari awal penanaman biji.

Lakukan penyiraman secara berkala hingga bibit tumbuh sampai ketinggian 50 cm untuk dipindahkan ke lahan terbuka atau lahan permanen penanaman, selain menggunakan biji juga bisa menggunakan sistem cangkok. Lakukan pencangkokan secara benar agar dapat menghasilkan bibit yang baik yaitu pemotongan batang bibit setelah akar benar-benar tumbuh dengan baik.

> Menyiapkan Lubang Tanam
Dalam penanaman ketapang kencana dapat dilakukan secara pada tanah lapang langsung, pertama buatlah lubang dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman kurang lebih 40cm, isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian dari lubang tersebut.

Selanjutnya biarkan lubang tersebut selama 2 minggu sambil menunggu bibit yang kita semai siap kita pindahkan dan ditaman pada lahan permanen, buat lubang dengan ukuran yang sama dengan jarak 2-4 meter atau tergantung keinginan dan kebutuhan jika ingin menanam dengan jumlah banyak.

> Menanam Bibit ke Lokasi Permanen
Jika bibit sudah memiliki tinggi sekitar 50cm dan terlihat sehat, bibit siap dipindahkan ke lahan permanen yang sudah disiapkan sebelumnya. Robek polybag secara perlahan agar tanah semaian tidak rontok dan masukkan kedalam lubang tanam beserta tanah semainya.

Masukkan pangkal bibit hingga kedalaman 30cm dan tutup dengan tanah, pastikan posisi batang tegak atau tidak miring agar nantinya tanaman tetap terlihat cantik dan bagus. Lakukan penyiraman secara berkala untuk supaya bibit dari pohon ketapang kencana dapat tumbuh dengan cepat dan baik.

Cara Cangkok Ketapang Kencana
Bagi yang menginginkan mempunyai pohon ketapang kencana hingga tumbuh besar dan kuat cara cangkok pohon ketapang kencana adalah bukanlah ide baik, karena cangkokan ketapang kencana tak sekuat pohon yang kita tanam mulai dari bijinya langsung. Baca : Keuntungan Dan Kerugian Mencangkok

Akan tetapi jika Anda memang menginginkan mempunyai hiasan pohon kecil ditaman rumah memilih tanam pohon ketapang kencana dalam pot dari bibit cangkokan memang akan lebih mudah dan cepat.

Awal dalam pencangkokan pastikan pohon indukan terlihat sehat, dan pilihlah batang tua kemudian kupas pada bagian kulitnya. Media yang bagus untuk pencangkokan adalah cocopeat yang bisa dengan mudah Anda peroleh di penjual tanaman atau pasar bunga, karena cocopeat juga digunakan sebagai media pertumbuhan tanaman hias salah satunya adalah anggrek.

Langkah cangkok pohon ketapang kencana sama seperti pencangkokan pada umumnya, pastikan untuk menyiramnya supaya akar tanaman lebih cepat tumbuh. Usahakan akar tanaman tumbuh dengan usia cangkok antara 3 sampai 4 bulan dari awal mulai pencangkokan.

Potong batang jika akar sudah terlihat tumbuh subur dan proses pemindahan baik dalam polybag atau pot usahakan pada sore hari untuk mengurangi tingkat stress tanaman, lakukan penyiraman secara rutin sebelum tanaman dipindahkan pada lokasi dengan intensitas sinar matahari lebih banyak.

Harga Ketapang Kencana
Pohon yang terlihat menyerupai payung memang terlihat cantik jika ditanam pada halaman rumah, untuk dapat meminang bibit pohon ketapang kencana tinggi 20 - 30 cm biasanya dibanderol dengan harga antara 15.000 sampai 20.000.

Untuk harga ketapang kencana biasa tinggi 1 sampai 2 meter dibandrol dengan harga antara Rp. 100.000, memang semakin besar tanamannya akan semakin mudah dan resiko kematian akan semakin kecil. Tanaman akan lebih kuat meski kondisi baik media tanam maupun cuaca sedikit ekstrem.

Berbeda dengan ketapang kencana putih atau biasa disebut ketapang kencana varigata, untuk harga jual bibit ketapang kencana varigata tinggi 50 - 60 centimeter harga berkisar Rp. 150.000 - 170.000 dan untuk ketapang kecana varigata tinggi 1 meter dihargai antara Rp. 250.000.

Harga memang bisa bervariasi di tiap kota maupun daerah bisa dipengaruhi beberapa hal seperti ketersediaan tanaman, banyak tidaknya permintaan, trend tanaman atau mungkin kondisi baik tidaknya dari tanaman itu sendiri. 


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung