Sunday, July 14, 2024

Provinsi Jawa Timur


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace

 Pulau Jawa terbagi menjadi 6 wilayah salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur dengan luas wilayah sebesar 47.963 Km2 yang terbagi menjadi 29 Kabupaten dan 9 Kota dengan Ibukota yaitu Kota Surabaya. Berikut daftar Kabupaten dan Kota sebagai berikut : 

Kabupaten/KotaIbukota
Kabupaten BanyuwangiBanyuwangi
Kabupaten SitubondoSitubondo
Kabupaten BondowosoBondowoso
Kabupaten JemberJember
Kabupaten LumajangLumajang
Kabupaten ProbolinggoKraksan
Kota Probolinggo -
Kabupaten PasuruanBangil
Kota Pasuruan -
Kabupaten MalangKepanjen
Kabupaten SidoarjoSidoarjo
Kabupaten SumenepSumenep
Kabupaten PamekasanPamekasan
Kabupaten SampangSampang
Kabupaten BangkalanBangkalan
Kota Surabaya -
Kabupaten GresikGresik
Kabupaten LamonganLamongan
Kabupaten TubanTuban
Kabupaten BojonegoroBojonegoro
Kabupaten MojokertoMojosari
Kota Mojokerto -
Kabupaten NganjukNganjuk
Kabupaten MadiunMadiun
Kota Madiun -
Kabupaten MagetanMagetan
Kabupaten NgawiNgawi
Kabupaten MalangKepanjen
Kota Malang -
Kota Batu -
Kabupaten KediriKediri
Kota Kediri -
Kabupaten BlitarKanigoro
Kota Blitar -
Kabupaten TulungagungTulungagung
Kabupaten TrenggalekTrenggalek
Kabupaten PonorogoPonorogo
Kabupaten PacitanPacitan

Provinsi Jawa Timur
image: https://www.researchgate.net

Jawa Timur menjadi wilayah terbesar di Pulau Jawa, akan tetapi memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua setelah Jawa Barat. Dikenal juga dengan pusat industri mengingat beberapa industri besar berkontribusi penyumbang ekonomi berada disana. Dari sektor industri makanan dan minuman, pengolahan tembakau, kimia farmasi dan obat tradisional, dan industri kertas.

Provinsi Jawa Timur

Industri
Tepatnya di Kota Surabaya terdapat 10 Perusahaan besar yang juga menjadi penopang ekonomi di Jawa Timur:
1. PT Semen Indonesia
2. PT Pakuwon Jati Tbk
3. PT Unilever Tbk
4. PT Astra Otopart Tbk
5. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk
6. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk
7. PT Maspion Group
8. PT PAL
9. Wismilak
10. Sampoerna

Beberapa perusahaan besar lainnya yang tersebar dibeberapa kota lain di Jawa Timur seperti : PT Pindad dan Bentoel di Malang, PT INKA di Madiun, PT Tjiwi Kimia di Sidoarjo, PT Petrokimia di Gresik, Semen Indonesia di Tuban, Gudang Garam di Kediri dan mungkin beberapa perusahaan lain di beberapa kota lainnya.

Pariwisata
Selain dari sektor industri, pariwisata juga menjadi salah satu sektor pendukung perekonomian, banyak tempat wisata menarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Berikut beberapa tempat wisata yang sudah mendunia seperti :
1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
2. Ranu Gumbolo
3. Gunung Bromo
4. Gunung Semeru
5. Taman Nasional Baluran
6. Taman Nasional Alas Purwo
7. Gunung Ijen
8. Tumpak Sewu
9. Gili Lyang
10. Pantai G-Land

Salah satu kota dengan tingkat kunjungan tinggi yaitu Kota Batu juga menjadi destinasi populer wisata saat ini, dikelilingi gunung yang membuat view bagus juga memiliki udara lebih dingin juga sejuk.

Tempat wisata buatan banyak dibangun dikota tersebut ditambah antar tempat wisata terbilang cukup dekat, sehingga wisatawan dapat menjangkau banyak lokasi wisata dalam 1 hari perjalanan. Ini yang menjadikan salah satu alasan wisatawan cenderung memilih kota batu menjadi destinasi wisata di Jawa Timur dibandingkan dengan kota lainnya dan ini menjadi salah satu pendorong perekonomian dikota tersebut.

Kesenian
Salah satu kesenian khas Provinsi Jawa Timur adalah Ludruk yang dapat dikenali mengingat seni panggung ini diperankan laki-laki pada semua personel anggotanya, umumnya menceritakan kehidupaan rakyat jelata atau kehidupan sehari-hari masyarakat kalangan biasa serta dibumbui dengan kritik seputar pemerintahan, Tari Remo dan juga Parikan.

Kesenian lainnya seperti Reog yang berasal dari Ponorogo yang sudah dipatenkan pada tahun 2001 meskipun kesenian rego sudah dimulai tahun 1920 silam ini juga menjadi salah satu kesenian populer.

Selain Wayang kulit dan Jaranan, untuk seni tari meliputi Tari Gandrung, Bondan, Gambyong, Srimpi dan Kelana juga menjadi kesenian populer lainnya.

Kuliner
Daya tarik lainnya ialah seputar Kuliner Khas Jawa Timur yang hampir dari masing-masing kota memiliki khas tersendiri baik dari rasa maupun tampilan, dimulai dari Banyuwangi terkenal akan Nasi Tempong, Rujak Soto, Pecel Pitik dan Pecel Rawon.

Dari Bondowoso terkenal akan produksi makanan manis yaitu Tape dan untuk Probolinggo terkenal akan Ketan Kratok, Soto Kraksaan dan Kepitik Olok maupun Nasi Glepungan.


0 comments:

Post a Comment

Bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung