Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Agya


Sewa Mobil Di Batu Malang

Paling Murah dan Nyaman

Mobil beragam
Agya, Avanza, Innova, Elf, Hiace
Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Agya ? apakah toyota agya bisa untuk keluar kota atau perjalanan jauh ? ngga masalah kok tetapi simak dahulu ulasan berikut supaya perjalanan Anda menggunakan mobil agya menjadi lebih nyaman juga tak mengalami kendala selama perjalanan, dari pengalaman memakai agya hingga komentar pengguna toyota agya. yuks simak bareng - bareng.

Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Agya

Sebenarnya Mobil Agya bukan termasuk mobil yang ngga boleh dipakai perjalanan jauh, baik mobil agya yang keluaran lama dengan cc mesin yang 1.000 cc atau yang keluaran terbaru 1.200 cc kesemuanya tetap dari pabrikan jepang yang sudah di test juga diuji akan kelayakan pakainya. 

perjalanan jauh mobil agya
liputan6.com
Beberapa test yang diuji dari mulai test tabrakan, angin, mesin, hingga fitur keselamatan seperti airbag akan dapat dipastikan bekerja dengan baik selagi mobil dalam kondisi normal.

Persiapan Perjalanan Jauh Mobil Agya

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika akan melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan sendiri, supaya lebih aman juga nyaman.

1. Service Mesin Mobil Agya
Mesin mobil jika diperumpamakan layaknya seperti jantung pada manusia, cek kondisi mesin mobil agya Anda, jangan sampai mogok dijalan gara - gara mesin yang normal atau panas karena mesin over head.

Service mesin pada dealer atau bengkel yang menurut Anda bagus dalam menangani permasalahan mesin agya, jadi tentukan waktu service mesin seminggu sebelum digunakan untuk perjalanan jauh. Biasanya momen lebaran yaitu mudik banyak yang memang memplaning rute perjalanan jarak jauh bersama keluarga tercinta. Jika ada onderdil yang rusak atau sudah waktunya diganti, segera ganti dan pastikan onderdil tersebut asli dan bukan barang kw.

2. Ganti Oli Mesin Dan Transmisi
Jika memang sudah mau melampaui batas pergantian oli mesin dan oli transmisi, segera ganti seminggu sebelum hari H. Karena bengkel akan banyak melayani order service dan bisa jadi tertunda dalam menangani kendaraan Anda.

Lakukan ganti oli 1 minggu atau berbarengan dengan service mesin kendaraan, hal ini untuk bisa memastikan pada hari H kondisi mobil sudah siap untuk dipakai perjalanan jauh. Selama saya menggunakan mobil agya 1.000 cc Alhamdullilah tak pernah terjadi masalah selama perjalanan jauh hingga kurang lebih 340 kilometer dalam sekali jalan tanpa berhenti dari Provinsi Jawa Timur ke Provinsi Jawa Tengah, dan hal ini sudah beberapa kali karena mobil memang saya gunakan usaha persewaan kendaraan selama 4 tahun lebih. Jadi apakah toyota agya bisa untuk keluar kota? ya jawabannya bisa banget kok selagi kondisi kendaraan tetap prima.

Pengalaman saya menggunakan mobil agya lebih dari 4 tahun hingga kini menggunakan oli mesin juga presneling menggunakan oli castrol, untuk mesin pakai Oli Castrol Stop Start 5W - 30 yang terbilang encer sekali tetapi perfoma mesin jadi lebih enteng juga tarikan jadi responsive. Untuk dipasaran tahun 2020 berkisar 130.000 s/d 140.000 / liter, butuh 3 liter untuk toyota agya 1.000 cc.

3. Cek Kondisi Ban Mobil Agya
Agya menggunakan penggerak depan dan otomatis ban depan akan lebih cepat tipis jika dibandingkan dengan ban bagian belakang, jika sudah mendekati tipis usahakan untuk segera mengganti ban dengan yang baru.

Kondisi ban kendaraan adalah hal yang tak bisa kita prediksi misalnya ban pecah karena tipis atau tekanan ban terlalu tinggi karena memuai saat berada di jalan, untuk mengurangi resiko tersebut usahakan mengecek ban atau mengganti ban dengan yang baru dan isi ban dengan nitrogen.

Ban yang terisi nitrogen tidak mudah memuai dan meningkat tekanannya karena sifat dari nitrogen sendiri tak pemuaiannya lebih sedikit jika dibandingkan dengan oksigen jika dalam kondisi panas, hal ini meminimalisir ban pecah akibat tekanan ban yang meningkat.

Tekanan ban yang sangat kurang dari tekanan normal yaitu 36 membuat mesin akan bekerja ekstra berat untuk bisa menggerakkan mobil agya Anda, pastikan cek tekanan ban Anda sesuai standard tekanan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

4. Cek Ban Cadangan
Mobil Agya mempunyai ban cadangan yang ditempatkan pada bagian bawah bagasi, buka bagasi belakang dan buka alas bagasi dan keluarkan ban cadangan atau ban serep tersebut dan cek kondisi ban tersebut.

Jika kondisi ban masih bagus, pastikan tekanan ban dalam kondisi normal atau tak gembos. Cek ban apakah terdapat paku tertancap atau tidak, jika terdapat paku segera tambal dan isi ban dengan nitrogen juga.

5. Cek Air Aki Mobil Agya
Biasanya pada waktu service air aki mobil akan selalu dicek levelnya, akan tetapi pengecekan ulang menjadi salah satu hal terbaik untuk keamanan dan keselamatan kendaraan Anda sendiri.

Jika level air aki dibawah batas low dan segera beli air aki biasa bukan yang berwana kekuning kuningan dan segera tambahkan hingga batas level yang teratas atau high. Untuk penambahan air aki lebih bagus jika pada pagi hari sebelum mesin mobil dihidupkan dan diamkan 30 menit sebelum mesin mobil dihidupkan.

6. Cek Rem Depan Belakang Agya
Hal ini memang bukan hal yang menentukan apakah agya bisa untuk keluar kota? tetapi hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk keamanan dalam perjalanan baik jarak dekat apalagi jarak jauh, Anda bisa menggantinya sendiri untuk rem depan dan rem belakang mungkin akan sedikit kesulitan bagi yang belum pernah menggantinya.

Jika tak mau repot bisa mengecek dan menggantinya di Dealer resmi toyota, untuk masa ganti memang berbeda beda tiap kendaraan tergantung penggunaannya. Apalagi yang digunakan beberapa orang misalnya dipakai usaha rental sebagaimana saya gunakan hingga sekarang.

7. Kebersihan Mesin Dan Kaki Kaki Agya
Saya memang memperhatikan juga akan kebersihan dan salah satunya adalah kondensor juga radiator, kenapa bisa berpengaruh? menurut saya memang berpengaruh.

Mobil agya menggunakan pendingin cairan yaitu coolant yang disirkulasi dari mesin ke radiator yang tempatnya di belakang kondensor AC agya, jika mesin mobil dalam kondisi dingin Anda bisa menyemprot bagian lubang di gril depan mobil yang akan mengarah pada kondensor AC dan Radiator.

Kisi kisi radiator dan kondensor yang bersih akan membuat AC akan tetap dingin dan sistem pendinginan mesin selalu terjaga optimal, jadi masalah overhead Insya Allah tak akan terjadi meski Anda mobil agya Anda gunakan jarak jauh. Tetapi jangan lupa juga cek air radiator yaitu coolant tetap dalam kondisi masih aman meski air radiator agya awet hingga beberapa tahun.

Penyemprotan air ke kaki kaki mesin baik bagian bawah, shock dll akan bisa membuat awet body mobil bagian bawah tak mudah terjadi korosi atau keropos karena air hujan. Meski sebenarnya pabrikan toyota sudah memberikan lapisan supaya logam tak mudah terjadi karat tetapi bukan tak mungkin karena air hujan logam besi akan mudah berkarat jika tak pernah dibersihkan dengan air bersih.

Anda pastinya tak menginginkan hal tak terduka terjadi karena kerusakan pada bagian kaki - kaki kendaraan bukan? menjaga menurut saya lebih baik daripada memperbaiki.

Persiapan Pengemudi Untuk Perjalanan Jauh

Tak hanya kendaraan saja sih karena yang terpenting juga kondisi pengemudinya juga sangat penting, beberapa persiapan yang harus disiapkan dan sebagai berikut :

1. Waktu Istirahat
Sebelum mengemudi yang apalagi jarak jauh dengan waktu tempuh hingga lebih dari 4 jam haruslah mempersiapkan diri yaitu istirahat yang cukup sebelum mengemudikan kendaraan.

Kondisi pengemudi yang kurang istirahat bisa mengakibatkan kantuk yang pastinya hal ini sangat berbahaya, kurang konsentrasi juga bisa disebabkan karena kurang istirahat. Jadi pastikan Anda sudah beristirahat sebelumnya dengan waktu yang cukup.

2. Siapkan Air Mineral
Kondisi tubuh yang kekurangan air salah satunya bisa menyebabkan berkurangnya tingkat konsentrasi atau menurunnya daya konsentrasi, padahal dalam mengemudikan kendaraan apalagi mobil memang diharuskan tetap selalu bisa berkonsentrasi.

Kekurangan air atau kurang minum air putih bisa menurunkan konsentrasi berkendara dan hal ini bisa berakibat kurang baik pada pengemudi, jadi alangkah baiknya jika di sebelah kanan atau dibagian pintu pengemudi selalu siapkan air mineral 1 botol untuk memudahkan pengemudi minum selama dalam perjalanan.

Prospek Dunia Usaha
Mempunyai mobil kecil seperti agya tak perlu berkecil hati jika ingin dijadikan aset pada dunia usaha, terlihat pada beberapa kota mobil ini juga dijadikan usaha transportasi pariwisata yang lebih murah untuk keluarga kecil. Jika memang lokasi tempat Anda berada dekat dengan tempat wisata hal ini bisa menjadi salah satu peluang usaha.

Tak usaha kawatir karena jasa penyewaan dengan driver / sopir adalah pilihan keamanan, carilah driver yang terpercaya dan mengetahui seluk beluk dunia pariwisata. Apakah bisa laku? bisa donk. Terlihat di beberapa kota sampai sekarang dan bahkan banyak dicari wisatawan karena lebih murah untuk harga sewanya.

Terlihat mulai dari jasa sewa mobil agya di malang, bali, yogyakarta dan beberapa kota besar lainnya juga terlihat di traffic web maupun blognya. Hal tersebut menunjukkan bahwa prospek usaha kecil - kecilan bisa Anda peroleh dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media pemasarannya dan pastikan harga yang ditawarkan sesuai atau pas dengan layanan yang ditawarkan.


0 comments:

Post a Comment

bila Anda baik, berkomentarlah yang baik. Terima kasih sudah berkunjung